sebutkan beberapa hal yang berkaitan dengan buku kerja
Jawaban:
buku percatatan yang ada pekerjaan lebih penting
Jawaban dan Penjelasan:
Terkait dengan mapel TIK, yang dimaksud dengan buku kerja pada pertanyaan ini menurut saya adalah buku kerja (workbook) pada aplikasi Microsoft Excel, yang merupakan suatu berkas/file yang memuat satu atau beberapa lembar kerja (worksheet) yang dapat membantu pengelolaan data secara tabular (dengan tabel).
Hal-hal yang berkaitan dengan buku kerja pada aplikasi Microsoft Excel antara lain adalah:
- Buku kerja baru dapat dibuat dari buku kerja kosong (blank workbook) atau dengan template.
Dengan buku kerja baru yang kosong, kita dapat bebas memasukkan data dan pemformatan/styling huruf dan angka di dalamnya. Sedangkan dengan template, kita harus menyesuaikan template yang dipilih dengan keperluan pengelolaan data. - Satu buah buku kerja dapat memuat beberapa lembar kerja.
Ketika baru dibuat, sebuah buku kerja kosong menampilkan satu lembar kerja, biasanya bernama “Sheet1”. Kita bisa ubah nama lembar kerja tersebut.
Ketika diperlukan, kita juga dapat menambah atau menyisipkan satu atau beberapa lembar kerja sesuai keperluan kita. - Lembar kerja dapat disalin atau dipindahkan dalam buku kerja yang sama.
Untuk keperluan tertentu, misalnya pengurutan lembar kerja, kita dapat memindahkan satu buah lembar kerja ke posisi tab lain dalam buku kerja yang sama.
Kita pun dapat menyalin sebuah lembar kerja ke lembar kerja yang baru dalam buku kerja yang sama, misalnya karena lembar kerja yang baru memiliki format yang sama dengan lembar kerja lain. - Buku kerja dapat disimpan atau dibagikan.
Selain dapat disimpan secara lokal pada media penyimpanan komputer pengguna, sebuah buku kerja dapat disimpan di penyimpanan awan (cloud storage) Microsoft OneDrive. Sebuah buku kerja juga dapat dibagikan (share) untuk dibaca atau diubah oleh pengguna lain, melalui cloud storage Microsoft OneDrive. - Beberapa pengguna dapat berkolaborasi mengolah data pada satu buku kerja yang sama.
Karena buku kerja dapat dibagikan pada pengguna lain, maka hal ini memungkinkan kolaborasi beberapa pengguna dalam mengolah data pada satu buku kerja yang sama. Hal ini disebut sebagai co-authoring. - Selain dapat disimpan, buku kerja juga dapat diekspor menjadi dokumen PDF.
Pada paperless system, dokumen-dokumen disajikan dalam bentuk portable, misalnya PDF. Seseorang tidak perlu mencetak buku kerja yang sudah diolahnya, lalu memberikannya kepada staff lain yang memerlukan. Cukup ekspor buku kerja menjadi dokumen PDF, dan kirim melalui email atau platform lain yang disepakati atau menjadi ketentuan. - Buku kerja yang dibuat pada sebuah versi Microsoft Excel dapat dibuka dan diolah pada versi Microsoft Excel yang berbeda.
Seiring dengan waktu dan perkembangan teknologi, versi Microsoft Excel pun berubah dan berkembang fiturnya. Oleh karena itu, Excel menyediakan mode kompatibilitas (compatibility mode) pada pembukaan buku kerja di versi Excel yang berbeda, dengan catatan versi Excel yang digunakan lebih baru dibanding versi Excel di mana buku kerja dibuat/disimpan.
Catatan:
Masih ada banyak hal lain yang terkait dengan buku kerja pada Microsoft Excel.
[answer.2.content]